::   62 1010 XXXX   man1halteng@gmail.com
Info Madrasah
Rabu, 24 Jul 2024
  • Selamat Datang di Portal Berita MAN 1 Halmahera Tengah | Madrasah Mandiri Berprestasi
24 Februari 2024

22 Anggota Pramuka Ulul Albab Dilantik Naik Tingkat Penegak Bantara dan Laksana

Sabtu, 24 Februari 2024 Kategori : Kepanduan

Weda – Sebanyak 22 (dua puluh dua) anggota Pramuka Gugus Depan (Gudep) Ulul Albab dilantik naik tingkat menjadi penegak Bantara dan penegak Laksana. Bertempat di halaman MAN 1 Halmahera Tengah. Sabtu, 24 Februari 2024.

Upacara pelantikan penegak Bantara dan Laksana dilakukan langsung Ketua Gudep yang diwakili oleh Wakil Ketua Gudep, Kaka Ona Armiyanti dengan disaksikan pembina putra dan putri.

Dalam amanatnya, Kaka Ona menyampaikan bahwa mereka yang sampai pada tahap ini yakni menjadi Penegak Bantara dan Laksana tentu tidaklah mudah, semuanya membutuhkan proses dari setiap tahapannya.

“Setiap proses yang kalian lalu itu mengajarkan untuk bagimana menjadi seorang Pramuka yang baik, Pramuka yang selalu menjunjung tinggi Tri Satya dan Dasar Darma,” kata Kaka Ona.

Ditambahkan juga bahwa dengan mengikuti Pramuka maka lebih meningkatkan kedisplinan yang tidak hanya di Pramuka saja, tetapi di sekolah juga harus mengedepankan kedisplinan.

“Jadikan diri kita mejadi contoh bagi teman yang tidak ikut Pramuka. Artinya kalian harus menjadi pilar dalam penerapan kedisplinan di sekolah,” tururnya.

Sementara itu, Ketua Gudep, Kaka Nurlela Samuda melalui pesan WhatsApp menyampaikan permohonan maaf karena belum sempat mendampingi dalam kegiatan naik tingkat. Dirinya pun mengucapkan terima kasih kepada Kaka pembina, alumni, dan penegak Laksana yang sudah membantu kegiatan Pramuka di Gudep Ulul Albab.

“Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh saya selaku ketua Gudep mengucapkan terimakasih yang sebesar besarnya kepada kaka-kaka Pembina, kaka-kaka Alumni dan kaka kelas XII atas lancarnya kegiatan mulai dari Musyawarah sampai pada kegiatan pelantikan Bantara dan Laksana. Insya Allah semua amal baik kalian menjadi ladang pahala buat kalian. Mohon maaf yang sebesar-besarnya karena belum bisa bergabung dan melantik adik-adik skalian. Insya Allah sehat selalu dan kita bisa bersama kembali dalam kegiatan yang sama. Ucapan selamat buat yang telah memegang jabatan pengurus baru d DKA Gudep Ulul Albab dan selamat buat yang telah dilantik menjadi Bantara dan Laksana. Insya Allah apa yang didapat dalam kegiatan kepramukaan bisa diaplikasikan dalam kehidupan sehari-hari di masyarakat aamiin. Jayalah Pramuka Jayalah Indonesia,” kata Kaka Nurlela.

Adapun dua puluh dua peserta yang naik tingkat yakni, Aditiya Arbi, Rasya Sahir dan Ilma Jabarudin naik tingkat dari Bantara ke Laksana. Sedangkan Muhammad Guntur, Akbar Agung, M. Fairus, M. Riski, Reza Rudy, Laksanama, Fajri Alfikri, Mahful Majid, Faisal Fahrudin, Rendy Rusdiana, Dian Narisya, Radika Jufran, Lilis Adegan, Aprilia Cantika, Wa Ode Hesfin, Devina, Salwa Salsabila, Eka Naila, dan Nurmia Rijulun naik tingkat ke Penegak Bantara.

Foto bersama di patung Subameu

Sebelum prosesi pelantikan, peserta melakukan hiking dengan titik star di patung Subameu menuju ke kali Mureala. Dalam perjalanan tersebut, peserta berhenti pada dua pos.

Disetiap pos, peserta mendapat materi teknik kepramukaan. Sedangkan titik akhir di kali Mureala, peserta diberikan tantangan untuk memasak nasi menggunakan bambu sebagai bentuk melatih psikomotorik dan kekompakan mereka. (Hms/Dym)

Tulisan Lainnya

Tidak ada komentar

Tinggalkan Komentar