::   62 1010 XXXX   man1halteng@gmail.com
Info Madrasah
Rabu, 24 Jul 2024
  • Selamat Datang di Portal Berita MAN 1 Halmahera Tengah | Madrasah Mandiri Berprestasi
8 Februari 2024

Ketua OSIM MAN 1 Halteng Sampaikan Hikmah Peristiwa Isra Mi’raj 1445 H

Kamis, 8 Februari 2024 Kategori : Pendidikan

Weda – Tidak hanya lihai sebagai pembina upacara dan menyampaikan amanat pada upacara hari Senin saja, Riski yang merupakan ketua organisasi siswa intra madrasah (OSIM) Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 1 Halmahera Tengah (Halteng) ternyata memiliki kemampuan dalam menyampaikan hikmah peristiwa Isra Mi’raj yang diperingati oleh warga MAN 1 Halteng. Kamis, (08/02/24).

Kegiatan yang digelar di Aula MAN 1 Halteng itu dihadiri Kepala Madrasah, Nuryanti Ismail, para guru, siswa serta perwakilan SMP Negeri 1 Halmahera Tengah, SMP Negeri 25 Halmahera Tengah, MTs Negeri 1 Halmahera Tengah, SMK Negeri 8 Halmahera Tengah, dan SMA Negeri 1 Halmahera Tengah.

Dalam penyampaian hikmah peristiwa Isra Mi’raj itu, Riski menyampaikan bahwa ada banyak pelajaran penting yang dapat diambil dari peristiwa Isra Mi’raj yang dialami oleh Nabi Muhammad SAW.

Pertama adalah pada saat itu merupakan saat dimana Nabi mengalami hal yang amat menyedihkan, yaitu wafatnya Siti Khodijah sebagai istri tercinta, yang selalu mengorbankan jiwa, tenaga, pikiran, dan hartanya demi perjuangan Nabi, dan wafatnya paman tercinta yaitu Abu Thalib, yang selalu melindungi Nabi dari kekejaman kaum Quraisy.

“Sehingga lewat isra mi’raj itu Allah ingin menguatkan hati Nabi dengan melihat secara langsung kebesaran Allah swt, sehingga hati Nabi semakin teguh dalam menyebarkan Agama Allah SWT,” kata Riski.

Kedua tambahnya, merupakan suatu amanah berupa kewajiban menjalankan sholat lima waktu bagi setiap muslim. Perintah salat ini diterima langsung oleh Nabi Muhammad SAW. Sehingga sudah tentu, salat jangan hanya di jadikan sebagai perintah namun lebih dari pada itu adalah suatu kebutuhan bagi kita umat muslimin.

“Kalau kita jadikan salat sebagai kebutuhan maka Insya Allah diri ini akan selalu menunaikan salat 5 waktu apa pun kondisinya,” tutur Riski.

Lebih lanjut tambah Riski, Isra Mi’raj adalah mukjizat Nabi Muhammad SAW dengan perjalanan beliau dari Masjidil Aqsha menuju Sidratul Muntaha. Dalam sejarah, itu adalah perjalanan pertama manusia di dunia menuju luar angkasa dan kembali menuju bumi dengan selamat. (Hms/Dym)

Tulisan Lainnya

Tidak ada komentar

Tinggalkan Komentar