::   62 1010 XXXX   man1halteng@gmail.com
Info Madrasah
Kamis, 13 Jun 2024
  • Selamat Datang di Portal Berita MAN 1 Halmahera Tengah | Madrasah Mandiri Berprestasi
2 Februari 2024

Peserta Didik MAN 1 Halteng Mulai Laksanakan Projek P5 PPRA Semester Genap

Jumat, 2 Februari 2024 Kategori : Pendidikan

Weda – Peserta didik kelas X (sepuluh) Madrasah Aliyah Negeri 1 Halmahera Tengah (MAN 1 Halteng) pada semester genap tahun pelajaran 2023 2024 ini, mulai mempersiapkan mengikuti kegiatan projek Profil Pelajar Pancasila dan Profil Pelajar Rahmatan lil Alamin atau P5 PPRA.

Sesuai dengan program yang disusun oleh Madrasah Aliyah Negeri 1 Halmahera Tengah, kegiatan P5 PPRA diagendakan selama 1 bulan. Dan untuk semester genap ini kegiatan projek P5 PPRA diagendakan pada bulan Februari dengan mengangkat tema Kewirausahaan.

Ketua Koordinator Projek P5 PPRA Madrasah Aliyah Negeri 1 Halmahera Tengah, Rahmawati ditemui di ruang kerjanya mengatakan bahwa kegiatan ini merupakan sarana memberi kesempatan peserta didik untuk mengalami pengetahuan, sebagai proses penguatan karakter sekaligus kesempatan untuk
belajar dari lingkungan sekitarnya.

“Dalam kegiatan projek profil pelajar ini, peserta didik memiliki kesempatan untuk mempelajari tema-tema atau isu penting seperti perubahan iklim, anti radikalisme, kesehatan mental, budaya, wirausaha, teknologi, dan kehidupan berdemokrasi sehingga peserta didik dapat melakukan aksi nyata dalam menjawab isu-isu tersebut sesuai dengan tahapan belajar dan kebutuhannya,” jelasnya pada Jumat, (02/02/24).

Koordinator Projek P5 PPRA MAN 1 Halmahera Tengah, Rahmawati

Dijelaskan juga bahwa projek penguatan profil pelajar diharapkan dapat menginspirasi peserta didik untuk
berkontribusi bagi lingkungan sekitarnya.
Penguatan projek profil pelajar diharapkan dapat menjadi sarana yang optimal dalam mendorong peserta didik menjadi pelajar sepanjang hayat yang kompeten, berkarakter, dan berperilaku sesuai dengan nilai-nilai Pancasila, dan Islam Rahmatan Lil Alamin.

Salah satu siswa membaca rencana projek P5 PPRA

Penguatan Projek Profil Pelajar ini juga dapat dijadikan sarana bagi peserta didik menjadi pelajar yang menjadi rahmat bagi semua umat manusia. Dapat merawat tradisi dan menyemai gagasan beragama yang ramah dan moderat dalam kebhinekaan Indonesia tanpa harus mencabut tradisi dan kebudayaan yang ada dengan mendasarkan pada nilai-nilai kemanusiaan.

Dirinya pun berharap agar kegiatan ini dapat dimanfaatkan dengan bagi oleh seluruh siswa kelas X sehingga hasil yang diharapkan dapat tercapai dengan baik, yakni dapat menerapkan perilaku sesuai dengan nilai-nilai Pancasila, dan
Islam Rahmatan Lil Alamin.

Tak lupa Rahmawati juga berharap agar setiap guru pendamping yang sudah ditunjuk untuk selalu mengawal peserta didiknya dalam kegiatan tersebut.

“Jadi semua guru pendamping pada setiap kelompok agar dapat mendampingi kelompok masing-masing karena di akhir bulan ini akan dilaksanakan pameran hasil dari projek P5 PPRA nya,” pungkasnya. (Hms/Dim)

Tulisan Lainnya

Tidak ada komentar

Tinggalkan Komentar