::   62 1010 XXXX   man1halteng@gmail.com
Info Madrasah
Minggu, 14 Apr 2024
  • Selamat Datang di Portal Berita MAN 1 Halmahera Tengah | Madrasah Mandiri Berprestasi
26 Februari 2024

MAN 1 Halteng Sukses Gelar Pameran Hasil Karya Siswa

Senin, 26 Februari 2024 Kategori : Kesiswaan / Pendidikan

Weda – Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 1 Halmahera Tengah (Halteng) sukses menggelar pameran hasil karya siswa. Bertempat di lapangan upacara MAN 1 Halteng, Senin, 26 Februari 2024.

Pameran yang bertema Kewirausahaan itu merupakan hasil dari Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) dan Profil Pelajar Rahmatan lil Alamin (PPRA).

Pameran P5PPRA dibuka langsung oleh Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Halmahera Tengah yang diwakili Kepela Seksi Penyelenggaraan Haji dan Umrah, Hi. Nurhalis Abubakar.

Hadir dalam kegiatan tersebut Ketua Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI) Kabupaten Halmahera Tengah yang juga merupakan Kepala SMP Negeri 1 Halmahera Tengah, Rusli B.M Dji Husin, Kepala MAN 1 Halteng, Nuryanti Ismail, dan sejumlah undangan lainnya.

Pembukaan Pameran Projek P5PPRA MAN 1 Halteng

Dalam sambutannya, Nurhalis menyampaikan bahwa pameran hasil karya yang dilaksanakan pada hari ini adalah luar biasa dan patut diberikan apresiasi.

Menurutnya, pameran yang dilaksanakan ini membuktikan bahwa sekolah madrasah khususnya MAN 1 Halmahera Tengah memiliki pengaruh besar dalam mendidik peserta didiknya.

“Tentunya karya ini adalah hasil kerja dari para siswa yang tentunya lewat bimbingan guru. Hasil karya ini juga menandakan bahwa sekolah kementerian agama itu punya pengaruh besar,” katanya.

Dirinya pun berharap agar pameran ini tetap berlanjut dan para siswa juga lebih banyak membuat berbagai macam produk untuk di pasarkan ke masyarakat.

“Jadi selain anak-anak belajar pelajaran di kelas, mereka juga belajar bagimana menjadi seorang pengusaha lewat hal-hal yang mereka lakukan pada hari ini,” tandasnya.

Sementara itu, kepala madrasah menyampaikan bahwa pameran hasil karya ini sudah dilaksanakan dua kali. Untuk kali ini adalah tema Kewirausahaan yang didalamnya para siswa memasarkan hasil produk yang mereka buat.

Kepala Madrasah, Nuryanti Ismail, S.Pd, M.Pd

“Ini sudah kali keduanya, pameran ini merupakan hasil dari penerapan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila dan Profil Pelajar Rahmatan lil Alamin yang saat ini diterapkan pada kelas X,” jelasnya.

Dijelaskan juga bahwa dengan pengajaran seperti ini diharapkan dapat menumbuh kembangkan minat peserta didik sebagai seorang pengusaha.

Untuk diketahui, pembukaan pameran diawali dengan persembahan tarian pelajar Pancasila oleh perwakilan siswa kelas X, XI dan XII kemudian dilanjutkan dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya, doa, sambutan-sambutan dan kunjungan stand.

Stand pada pemeran tersebut sebanyak 5 (lima) stand. Tiap stand memiliki produk yang berbeda. Diantaranya, manisan pala, pisang bola-bola coklat lumer, aneka kripik pisang berbagai varian rasa, pisang naget, kom-kom, salamin, bagea gula, bagea kenari dan bagea kelapa. Produk yang dijual itu merupakan khas cemilan dari Maluku Utara. (Hms/Dym)

Tidak ada komentar

Tinggalkan Komentar